Minggu, 10 Februari 2013

Menjadi Orang Tua (2)

Pencarian Sekolah Bagi yang Tersayang

Memasuki usia tiga tahun, saya merasakan bahwa secara sosial Mas Ayis rasanya kok tidak seperti anak lainnya ya. Jika di rumah memang dia termasuk banyak bicara, tetapi kalo sudah ngumpul dengan teman sebayanya mulai deh kliatan agak menarik diri. Setelah saya telaah lagi mungkin alasannya karena saya termasuk jarang keluar rumah, dan bergaul dengan tetangga. Istilah halusnya kuper kali ya, hee maap, soalnya sejak pindah ke rumah baru saya memang tidak terlalu suka "nangga". Padahal kalo dipikir lagi waktu jaman ngekost saya termasuk yang ga betah di kamar. Jangan harap menemukan saya di kamar, caranya ambil spot di tengah kost an dan mulailah meneriakkan nama saya, niscaya saya akan muncul entah dari kamar mana. Waktu sempat ngontrak deket-deket kost an juga saya termasuk rajin main ke tetangga, karena termasuk sudah saya kenal cukup lama sejak masih jadi mahasiswa. Kembali lagi ke Mas Ayis, ke 'kuper'annya ini membuat saya dan suami memutuskan untuk mulai menyekolahkannya saja.

Pencarian sekolah pun dimulai. Sekolah idamannya tentu yang bagus secara visi, misi, kurikulum, dan fasilitas,tetapi teteuuup aman di kantong. Ngimpi kali yeee. Pernah saya mampir ke sebuah sekolah di bilangan Ciganjur. Wuih bagus deh, dari namanya terlihat islami, tetapi setelah saya tanyakan lebih lanjut ternyata sekolah umum. Fasilitasnya bagus, ada kolam renangnya segala, jadi jangan heran yaa kalo SPP sebulannya hampir sebesar SPP kuliah di UI satu semester. Uang masuknya yaaa mungkin setara jumlah uang SPP saya selama kuliah deh. Lebih malah. Saya mikirnya malah bagaimana caranya saya gaul ama emak-emak disini ya? Sambil nglirik para Ibu yang lagi nungguin anaknya dengan dandanan yang....... Yaaa gitu deh. Ciamik!

Setelah itu, saya dan suami lebih banyak mencari informasi lewat internet. Akhirnya suami mendapatkan sekolah idamannya, dari gambar di situsnya sih kayanya menarik secara fisik. Tetapi bagi suami saya sih visi misinya ni sekolah yang bikin dia jatuh cinta banget. Akhirnya diputuskanlah melihat sekolah ini secara langsung. Awalnya saya rada desperate juga sih, ternyata sekolahnya jauh booo, di Pejaten sana. Lah sedangkan rumah kita di Tanah Baru Depok. Tetapi setelah melihat sekolahnya, ngobrol banyak dengan kepala sekolahnya, dan diskusi panjaaaaaang dengan suami termasuk mengenai tugas " berat" saya antar-jemputnya, akhirnya diputuskanlah bahwa Ayis akan disekolahkan di sana. Uang perbulannya sih masih standar ya, apalagi untuk ukuran sekolah di Jakarta. Dan mulailah Mas Ayis mengenal dunia sekolah.....

Jadi skenarionya begini, kami, saya, suami, dan Mas Ayis pergi bareng sekitar jam 7 pagi. Rutenya lewat Ciganjur, dan kami diturunkan di daerah mall Cilandak, atau setidaknya sampai perempatan Trakindo, dari sana suami belok kiri ke arah kantornya di dekat RS Fatmawati dan kami melanjutkan naik angkot ke Pasar Minggu. Lama perjalanan kurang lebih satu setengah jam. Nah kendalanya ya bagi saya ni, karena buang waktu bagi saya rasanya kalo setelah mengantar saya harus balik ke depok lagi dan kembali lagi ntuk menjemput. Akhirnya saya harus menunggu sampai Mas Ayis selesai sekitar pukul dua belas siang. Kebayang dong dari jam 8 pagi sampai 12 siang itu saya musti ngapain aja? Duuuuh awalnya bosen banget, masak tiap hari jalan ke Pejaten village melulu, atau liat-liat Pasar Minggu. Kadang ujung-ujungnya ya ngenet aja di dekat Universitas Nasional. Tetapi alhamdulilah tak lama setelah Mas Ayis disana, sekolahnya membuka kelas Bahasa Arab buat ibu-ibu. Atas dorongan dari saya juga kayanya, hehe.

Sayangnya Mas Ayis hanya sekolah 3 bulan di sana, soalnya asisten saya yang membantu mengurus rumah dan menjaga Arrum tiba-tiba minta pulang. Cerita seru lainnya loh ini, hhhh gregetan. Tapi walau cuma 3 bulan kegiatan antar jemput ayis ini menyimpan cerita tersendiri. Namanya juga anak kecil, ada saatnya ga mood, pernah waktu itu dia males sekolah kayanya, bangunnya telat dan karena abinya juga dah telat akhirnya pergi aja tanpa kami, eh tau abinya pergi dia malah nangis kenceng pengen ikut, nangisnya bahkan blum berhenti sampai abi sampe kantor berarti hampir satu jam nangisnya kenceng gitu. Akhirnya dipaksain juga sekolah, dari rumah aja udah jam 8 pagi, sampe sekolah sekitar jam 10 an dan temen-temennya lagi pada istirahat. Hadeuhhhh. Nah perjalanan panjang menuju sekolah juga mungkin bikin dia capek secara fisik, mana pake angkot lagi, ga jarang bekal buat di sekolah malah abis di perjalanan. Belum lagi kalo jalanan macet, pernah waktu itu kabarnya ada sidang Abu Bakar Baasyir di Pengadilan Tinggi Jaksel dan demo oleh para pendukungnya, saya baru sampe sekolah jam 10 lebih, brarti 3 jam an di jalan doang. Udah nyampe Bandung mustinya ya. Pulangnya saya kadang suka belanja di Pasar Minggu, lumayan euy karena sudah siang Barang-barangnya kadang udah obral abis, seribuan bisa dapet sayur sekantong dengan kualitas yang cukup bagus loh, jadi kadang sepuluh ribu saya bisa dapet blanjaan sekantong gede, nah giliran ganti angkot di depoknya yang pusing. Bayangin bawa Mas Ayis yang minta gendong karena masih ngantuk ketiduran di angkot dan bawa belanjaan segambreng. Duuuh pegel booo'

Pertama nganter sekolah, saya kenalan dengan dua ibu lainnya. Pada ramah-ramah, dan ternyata pada ibu rumah tangga juga walaupun bawa mobil sendiri. Baru kenalan ternyata saya langsung diajak ke sebuah rumah tak jauh dari sekolah, kata seorang Ibu, " yuk Bu, kita maen ke butik, katanya ada barang impor yang baru masuk", duh denger kata impor kok saya udah ga enak ya, hihi. Ternyata beneran loh, saya diajak ke sebuah rumah cukup mewah, yang mendisplay baju, tas, dan sepatu merk terkenal, harganya? Duh, waktu itu rasanya saya ga sanggup beli deh. Sekarang? Teteup. Hehe. Kalo diliat, kayanya cuma Ayis yang dianter jemput naek angkot, saat sekolah bubar sekolah dipenuhi mobil mengkilap, ada loh seorang ibu yang paling klop sama saya, mungkin karena sama-sama naek angkot juga, ternyata eh ternyata suatu hari dia pamit ga bareng, yaaa dia nyetir mobil sendiri, hiks. Ahh gapapa naik fasilitas umum kan salah satu solusi mengurangi macet dan polusi Jakarta ya? Ngelesss.

Sekarang, Mas Ayis harus menjalani hidup baru dan memulai sekolah di kota kelahiran saya, Jambi. Sebelumnya sekali lagi suami menemukan sekolah yang dia sukai, tetapi karena jauh dari rumah akhirnya saya memutuskan mendaftar di sekolah lain. Pertimbangannya banyak, salah satunya karena kasihan Atok juga yang harus anter jemput jauh, sedangkan saya masih belum juga temenan ama motor atau mobil.

Seperti biasa, saya berusaha banyak komunikasi dengan guru dan kepala sekolah. Pernah suatu saat rapat mengenai kelulusan untuk Juni nanti, saya tiba-tiba diam ga banyak bicara karena ada yang kurang sreg pada rencananya. Kepala sekolah mungkin heran, karena biasanya saya termasuk banyak bicara, jadi berkali-kali dia menanyakan ke saya, " gimana ni, apakah ada yang kurang sreg, Umi?", kesannya saya suka protes apa ya? Hehe, ga kok padahal. Beneran.

Baru sejengkal perjalanan saya mengawal pendidikan bagi anak, rasanya akan ada jalan panjang di depan sana. Tapi rasanya orang tua pasti akan mengusahakan yang terbaik bagi anak-anaknya kan? Semoga anak-anak kita bisa menikmati pendidikan terbaik. Insya Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar