Minggu, 10 Februari 2013

Atoook o atoook...... Si Vokalis nan Humoris


Anda penggemar serial Ipin Upin? Tau dong kalo mereka suka manggil "Atoook O Atoook" ke tetangga mereka, yang bernama Tok Dalang Ranggi. Adegan itu selalu ngingetin saya ke ayah saya, yang kebetulan punya 2 cucu lelaki yang selalu sama-sama mirip Ipin Upin, dan kebetulan juga dipanggil Atok ( Datok) oleh mereka.

Atok ini unik loh. Setidaknya menurut kami, anak- anaknya. Termasuk orang yang ceria dan suka becanda. Kalo keluarga besar kebetulan ngumpul, pasti ada aja jokenya yang bikin segar suasana. Andalannya biasanya cerita masa kecilnya dan saudara-saudaranya. Contohnya sambil niruin seorang bibi ( tante) saya yang waktu itu masih SD saat membaca di depan kelas dengan huruf S yang cadel. " air ini derats tsekali... Batu di dalamnya betsar betsar......." ampe hapal loh bacaannya dari kejadian berpuluh tahun yang lalu. Ckckck. Nah baru- baru ini saya sempat bingung dibuatnya, saat Atok tiba-tiba keluar terburu-buru dari rumah. Ternyata oh ternyata...buru-buru mau ngumpetin sepeda cucu ponakannya yang lagi diparkir di halaman. Alhasil, anak tadi nangis sesunggukan dikira sepedanya ilang.

Salah satu momen terbaik bersamanya adalah saat listrik mati di saat malam. Biasanya saya dan keluarga pada ngumpul dekat sumber penerangan. Nah saat itulah yaa Atok mulai beraksi, mengeluarkan semua koleksi cerita horornya, dan beneran deh, saya kadang jadi ga berani tidur sendiri saat itu. Kalo listik padamnya lamaan dikit? Mulai deh bikin kuis " aneh", kuis tebak lagu. Lagunya? Yaaa lagu ABG dooong, Angkatan Babe Gue. Bayangin, saya, ayuk, dan adek yang saat itu masih SD dipaksa nebak judul lagunya Panbers, D' loyd, Koes Ploes, sampe Broery Marantika. Eh, tapi ya lama-lama saya hapal juga ampe. Hihi.

Kalo soal hobi, lupakan hobi berkebun, olahraga, atau hobi menyehatkan lainnya. Hobinya adalah menyumbangkan suara. Deuuuh kaya ga ada uang receh aja ya buat disumbangin. Pokonya jangan deket-deket ama alat musik deh, pasti nunggu giliran nyanyi. Kalo kebetulan kondangan bareng, jangan harap bisa pulang cepet. Bersabarlah menunggu nama Atok dipanggil buat menyumbangkan suara. Weleh weleh. Eh, jangan salah loooh konsernya udah merambah ke Tanah Jawa, setidaknya waktu acara ngunduh mantu saya di Madiun. Hehe. Mertua saya ampe takjub, mereka aja ga berani nyanyi di pestanya sendiri, eh si besan malah bikin konser kecil * tutupmuka.

Lain lagi kalo lagi jalan bareng, Atok yang nyupir,kayanya saya pikir mobil keluarga ini tidak perlulah punya pemutar CD, toh supirnya kadang merangkap tape kok. Beruntng kalo lagu yang lagi diputar sesuai maunya, jadi nyanyinya bisa ngikutin lagu, nah kalo sebel ama lagi yang lagi diputar (contohnya lagu Anang Ashanty tu) bersiaplah mendengarkan hiburan dobel, lagu dari CD dan lagu dari mulut Atok, brisik deh pokonya. Tapi sebagai penumpang, kita pasrah ajalah, soalnya tiga wanita dewasa di keluarga ini kayanya ga bakat temenan sama mesin, entah itu motor atau mobil, cuma bisa temenan akrab ama mesin jahit kaleee (kecuali saya, cuma bisa temenan ama blender deh ) Sedangkan para lelaki mencari rezeki di kota lain.

Eh, jangan suka gangguin cucu-cucunya yaaa, soalnya doi sayang banget. Ga pernah telat tuh nganter jemput cucu-cucunya dari sekolah. Biasaaa abis pensiun ini profesinya emang travelling, anter jemput keluarga kemana-mana. Atok suka gregetan banget kalo giliran si Uncu (adek saya ), kalo pas giliran libur 10 harinya, jemput para cucu, suka telaaaat, dengan sigap si Atok mengeluarkan mobil dan caoooo pergi jemput mereka, awas ya kau Ncuuuu.

Selain cerita di atas, Atok juga orang yang sangat berdedikasi pada pekerjaannya. Setelah bertugas lebih dari 30 tahun di sebuah BUMN, akhirnya beliau pensiun, tapi di masa kerjanya sering sekali menjadi andalan kantor membereskan kekacauan di unit yang ada. Sayang karna cuma lulusan SMEa dan sama skali ga mau kuliah lagi dan menolak mutasi berkali-kali demi karirnya, karirnya di sana mentok aja dari dulu. It' s okelaaah saya tetap bangga deh pokonya.

Selama ini biasanya selalu gembar-gembor cerita soal seorang Ibu. Tapi cobalah ingat lagi perjuangan ayah kita, sebagai kepala keluarga, mereka juga berhak loh dikenang sebagai manusia hebat.

Atok Sukirman
20 Januari 1959

Tidak ada komentar:

Posting Komentar