Kamis, 06 Mei 2010

Kue-kue favorit Mas Ayis

Memasuki usia dua tahun, Mas Ayis nampaknya tak lagi anti dengan yang namanya makanan. Bahkan dengan modal nasi yang dibubuhi kecap dengan tempe atau telor dadar telah cukup membuatnya membuka mulut lebar2. Bahkan tak jarang dia sendiri yang meminta untuk makan. Alhamdulillah, jadi inget waktu saat2 pertama ngasi dia MPASI, mulutnya yang terkunci rapat kadang harus kucungkil2 dengan sendok makannya(sadisss : ) ) biar bubur yang kubuat sendiri dengan penuh kasih sayang bisa dirasakannya.

Kegiatan ngemil juga jadi kebiasaan barunya, tapi aku ga membiarkan dia ngemil jajanan sembarangan. Kebetulan baru pindah rumah baru dengan dapur lega, jadilah umi langsung pasang aksi. maklumlah selama ini kupikir tak satupun keahlian ibu terwariskan kepadaku. Mulai dari bikin kue, menghias kue, masak, menjahit dan keahlian kreatif lainnya rasanya sudah diborong oleh kakaku Yu' Anti. Karena dulu prestasiku lumayan bagus di sekolah mungkin Ibu memaklumi dan berfikir bahwa mungkin ke depannya anak keduanya ini bakal jadi wanita karir yang tak tau hal2 bgituan. Eh ternyata malah jadi Ibu Rumah Tangga juga, malu dong kalo ga kreatif!.

Balik ke Mas Ayis, karena nafsu makannya yang udah cukup besar aku berfikir untuk terus menyediakan cemilan sehat buatnya. Nah ini dia kue2 favoritnya.

  • Kue Brownis kukus
Sejak sering kubawain sebagai oleh2 setiap mudik ke Jambi, kakakku penasaran dengan resepnya, saat udah dapet resep yang pas langsung deh kue ini jadi favorit di rumah dan paling sering juga di pesan sama pelanggan kue kakakku. Dulu kalo kebetulan ada di rumh dan lagi ada pesanan, aku kebagian megang mixerya ajah, tapi sekarang udah hapal di luar kepala dong resepnya.hehehe. Kakakku ampe terkagum2 dengan keahlian baruku ini, apalagi aku sering bikin waktu kemaren rumahku malah ga ada pembantu.Nah Mas Ayis bisa abis setengah loyang sendiri makan kue ini. Kalo belum abis belum berhenti.
  • Kue brownis ketan item
Belum nemu resep yang pas sih buat kue ini, karena masih belum ngembang dengan sempurna dan ambles ditengahnya, kakakku juga begitu. Tapi teteup ga yampe sehari ni kue bisa langsung abis.
  • Martabak coklat
Nah kali ini edisi baru, dua minggu yang lalu sama Mas Ayyis dan Abi makan pancake di DTC. Penasaran dengan resepnya langsung deh googling, nemu berbagai versi. Nah minggu depannya langsung dicoba, kata Abi enak, tapi aku bilang mah mengecewakan. Karna jadinya malah kaya kue kampung yang dimasak di wajan itu, aku lupa namanya. Rasa terigu doang. Abi mah demi istri tercintanya komennya jadi ga obyektf deh. heehe. Trus nemu resep martabak dengan berbagai versi. Aku pilih versi paling mudah dan paling sedikit telur (irit,hehe).Saat dicoba pertama kali, Mas Ayis abis makan sendiri, umi cuma kebagian sepotong kecil doang (diet juga kaliiii). Malah kubilang mirip kaya pancake yang di DTC itu loh, tapi kok dia bia putih banget ya penampakannya.
  • Bubur sumsum
Kalo ini mah ga usah bikin, beli aja sama Bude yang tiap hari jam dua siang lewat di depan rumah, ampe hapal jadwalnya. Selain murah, juga enak kok plus jual pecel ma gorengan juga. Abis dulu pernah bikin sumsum kok Mas Ayis malah ga suka. Mungkin karena kurang lembut kayanya. Tapi hari Minggu kemaren bikin bubur sumsum manis buat pelengkap espisang ijo, ternyata dia suka, sampe kehabisan bubur sumsum buat makan es pisang ijonya.
  • Cake pisang
Lumayan suka tapi ga segila sama brownies coklat.


Resep2nya tar diposting belakangan deh.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar